Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIs Lamgugob Banda Aceh

Wirdansyah, 200919557 (2016) Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIs Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang keterampilan berkomunikasi secara individu dan kelompok.]
Preview
Text (Membahas tentang keterampilan berkomunikasi secara individu dan kelompok.)
wirdansyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar rmerupakan hasil yang dilalui dengan proses yang berjalan secara terus-menerus dan terstuktur. Demi memenuhi tuntutan pencapaian dari tujuan itu, seorang guru harus memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Dengan demikian diperlukan penerapan yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan. Salah satu penerapan pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Dalam hal ini guru memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan proses interaksi secara individu dan kelompok. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb MIS Lamgugob Banda Aceh berjumlah 33 orang dengan KKM individual 70 dan klasikal 78%. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan: (1) Lembar soal tes, Lembar observasi guru dan siswa, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Hasil tes pada siklus I sebesar 55,45% meningkat menjadi 81,51% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh siswa lebih aktif, kritis, logis, dan analitis dalam memahami konsep belajar, karena bakat siswa dapat diasah dengan baik dan mereka bertanggung jawab baik terhadap individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Mawardi, S.Ag,M.Ag :NIP.196905141994021001 2.Hafidh Maksum, S.Pd. M.Pd :NIDN.0124038103
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: WIRDANSYAH BADARUDDIN
Date Deposited: 05 Sep 2017 09:20
Last Modified: 05 Sep 2017 09:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item
View Item