Pola Bimbingan Siswa di MAS Darus Aman Aceh Besar

Agusdi, 271121492 (2017) Pola Bimbingan Siswa di MAS Darus Aman Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Bimbingan Siswa)
Agusdi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Bimbingan Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (486kB) | Preview

Abstract

Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya penemuan pribadi, mengenal lingkungan dan merencankan masa depan. Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa, agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri, dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku. Berdasarkan fenomena tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola penerapan bimbingan siswa di MAS Darul Aman Aceh Besar, untuk mengetahui apa saja hambatan dalam pelaksanaan bimbingan siswa di MAS Darul Aman Aceh Besar. Dalam penelitian ini penulis mengambil beberapa subjek yaitu 2 orang murid, 3 orang guru diantaranya kepala sekolah, guru bimbingan konseling dan guru mata pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola bimbingan siswa di MAS tersebut menggunakan pola 17 plus yaitu: ada sembilan jenis layanan bimbingan dan konseling, yaitu layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan/penyaluran, layanan penguasaan konten, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, layanan konsultasi dan layanan mediasi. Selain kegiatan layanan yang telah disebutkan di atas, di dalam bimbingan dan konseling terdapat beberapa kegiatan lain yang disebut kegiatan pendukung. kegiatan pendukung bimbingan dan konseling, yaitu aplikasi instrumentasi, himpunan data, konferensi kasus, kunjungan rumah, dan alih tangan kasus. Penerapan pola bimbingan siswa di MAS Darul Aman Aceh Besar masih mempunya hambatan dalam pelaksanaan bimbingan konseling. Mulai dari kurangnya jam untuk proses layanan bimbingan konseling, sarana-prasarana seperti ruangan bimbingan konseling yang belum tersedia dan masih kurangnya dana. Walaupun dengan keterbatasan yang ada di MAS Darul Aman Aceh Besar namun guru bimbingan konseling masih bisa mengatasinya dengan kemampuan yang dia miliki dengan memberikan hal yang terbaik untuk siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Prof. Dr. Warul Walidin AK MA; 2. Dr. Sri Rahmi. MA
Uncontrolled Keywords: Pola Bimbingan Siswa, Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Agusdi Agus
Date Deposited: 27 Sep 2018 04:41
Last Modified: 27 Sep 2018 04:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5066

Actions (login required)

View Item View Item
TOP