Peningkatan Keaktifan Belajar dengan Menggunakan Model Inkuiri pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di MIN 3 Kabupaten Pidie jaya

Muhammad Ikhsan, 201325095 (2018) Peningkatan Keaktifan Belajar dengan Menggunakan Model Inkuiri pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di MIN 3 Kabupaten Pidie jaya. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Muhammad Ikhsan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang tidak di desain membuat siswa bosan dan jenuh pada saat belajar yang membuat aktivitas belajar rendah terhadap pembelajaran dan tidak terjadinya perubahan kognitif pada diri siswa. Bardasarkan hasil observasi awal dan wawacara penelitian dengan guru IPA. Pelaksanaan pembelajaran IPA di kelas IV di MIN 3 Kebupaten Pidie Jaya diketahui bahwa siswa masih kurang dalam melakukan pengamatan dan percobaan, disebabkan oleh kurangnya fasilitas belajar mengajar di dalam kelas terutama buku paket, serta media pembelajaran yang kurang memadai. Selain itu pembelajaran IPA yang berlangsung selama ini berpusat pada guru akan mempengaruhi pada keaktifan belajar siswa yang rendah khususnya pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model inkuiri., (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model inkuiri, (3) Untuk peningkatan keaktifan belajar dengan menggunakan model inkuiri dalam pembelajaran IPA di kelas IV MIN 3 Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data tersebut dikumpulkan melalui (1) lembar observasi guru,(2) lembar observasi siswa,(3) lembar observasi keaktifan belajar. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri pada siklus I nilai presentasenya 56,5% dan pada siklus II nilai presentasenya 92,39 %, (2) pada aktivitas siswa saat model inkuiri diterapkan ke dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I nilai presentase 57,89% dan pada siklus II nilai prensetase 93,42% (3) hasil pengamatan keaktifan siswa selama pembelajaran paada siklus I dan siklusII mengalami peningkatan yang sangat signifikat. Dengan demikian, penerapan model inkuiri dapat meningkatkan aktivitas guru, ketika mengajar dan siswa, serta keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 3 Kabupaten Pidie Jaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar, M.Pd 2. Misbahul JannahM.Pd, Ph,D
Uncontrolled Keywords: Model inkuiri, Keaktifan Belajar, Pelajaran IPA
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Ikhsan
Date Deposited: 26 Sep 2018 09:20
Last Modified: 26 Sep 2018 09:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5073

Actions (login required)

View Item
View Item