Manajemen Peserta Didik dalam Pengelompokan Belajar Siswa di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh

Andira Novita, 140206062 (2018) Manajemen Peserta Didik dalam Pengelompokan Belajar Siswa di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Manajemen Peserta Didik)
Andira Novita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (AY Membahas tentang Manajemen Peserta Didik)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (860kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran ada satu kegiatan yang dapat menunjang proses pembelajaran secara maksimal yaitu pengelompokan belajar siswa atau pembagian kelas. Pengelompokan peserta didik bisa dilakukan berdasarkan kesamaan kemampuan belajar yang dimiliki oleh peseta didik, akan tetapi di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh pengelompokan belajar siswa di lakukan secara acak. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan manajemen peserta didik dalam pengelompokan belajar siswa di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh (2) untuk mengetahui evaluasi manajemen peserta didik dalam pengelompokan belajar siswa di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh dan (3) untuk mengetahui hambatan manajemen peserta didik dalam pengelompokan belajar siswa di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Waka Kesiswaan dan dua orang guru wali kelas. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa penerimaan peserta didik baru di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh melalui pendaftaran sistem online, setelah lulus persyaratan calon peserta didik mengikuti tes tulis dan tes wawancara. Pengelompokan belajar siswa kelas X berdasarkan nilai hasil matrikulasi, dan pengelompokan belajar siswa kelas XI dan XII di lakukan secara acak. Evaluasi manajemen peserta didik dalam pengelompokan belajar dilakukan melalui ulangan harian dan ujian semester, tindak lanjut dari hasil evaluasi adalah program pengayaan dan program remedial. Hambatan dalam penerimaan peserta didik baru adalah verifikasi data online dan kuota asrama yang terbatas. Tidak ada hambatan dalam pembagian kelas yang telah di tetapkan dapat dilihat dari tidak adanya peserta didik yang meminta untuk pidah kelas setelah pengelompokan di lakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Jamaliah Hasballah, MA 2. Nurussalami, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Peserta didik, Pengelompokan siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andira Novita
Date Deposited: 27 Sep 2018 04:18
Last Modified: 27 Sep 2018 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5075

Actions (login required)

View Item View Item
TOP