Analisis Tingkat Religiusitas terhadap Etika Bisnis Pedagang Muslim Pasar Induk Lambaro Aceh Besar

Merry Dahlina, 140602032 (2018) Analisis Tingkat Religiusitas terhadap Etika Bisnis Pedagang Muslim Pasar Induk Lambaro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Analisis Religiusitas terhadap Etika Bisnis Pedagang Muslim]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Religiusitas terhadap Etika Bisnis Pedagang Muslim)
Merry Dahlina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Analisis Religiusitas terhadap Etika Bisnis Pedagang Muslim]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Religiusitas terhadap Etika Bisnis Pedagang Muslim)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (608kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap etika bisnis pedagang muslim pasar Induk Lambaro Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang sembako yang ada di pasar Induk Lambaro Aceh Besar dan sampel yang diambil sebanyak 75 pedagang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dimensi religiusitas (keyakinan, praktik agama dan pengamalan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap etika bisnis pedagang muslim pasar Induk Lambaro Aceh Besar. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 10,756 dengan probabilitas signifikansi 0,000. Sedangkan secara parsial ketiga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap etika bisnis pedagang muslim. Hal ini dibuktikan, dimensi keyakinan dengan nilai t-hitung sebesar 6,698 dan probabilitas signifikansi 0,000. Dimensi praktik agama dengan nilai t-hitung 1,397 dan probabilitas signifikansi 0,047. Dimensi pengamalan dengan nilai t-hitung 3,271 dengan probabilitas signifikansi 0,002. Berdasarkan uji R Square (R2) pengaruh yang diberikan sebesar 98,7% sedangkan sisanya 1,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Puji Aryani, SE., M.Sc., Ph.D 2. Muksal, S.E.I., M.E.I
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Etika Bisnis Islam, Pedagang Muslim
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Merry Dahlina
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:22
Last Modified: 28 Sep 2018 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5076

Actions (login required)

View Item
View Item