Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII MTsN Kuta Baro Aceh Besar

Cut Putri Nura Julita, 261121461 (2017) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII MTsN Kuta Baro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pembelajaran)
Cut Putri Nura Julita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (495kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di MTsN Kuta Baro Aceh Besar, diperoleh informasi bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Peserta didik banyak mengalami kesulitan dalam mempelajari materi teorema Pythagoras diantaranya saat menemukan asal mula rumus teorema Pythagoras, kurang memahami kegunaan teorema Pythagoras dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga prestasi siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan materi Pythagoras belum memuaskan. Oleh karena itu, dibutuhkan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pendekatan Contextual Teaching and Learning. Tujuan penelitian pada skripsi ini untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran materi Teorema Pythagoras di kelas VIII MTsN Kuta Baro Aceh Besar, dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran materi Teorema Pythagoras di kelas VIII MTsN Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh bahwa: Aktivitas guru dalam menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning selama siklus I, siklus II, dan siklus III, mengalami peningkatan walaupun masih dalam kategori baik. Aktivitas siswa selama penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning adalah aktif. Hasil belajar siswa dianalisis sesuai dengan KKM di sekolah dan mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 77,27% pada siklus I, meningkat menjadi 86,36% pada siklus II dan meningkat menjadi 90,90 pada siklus III. Ketuntasan belajar siswa pada post-test sudah tercapai dengan persentase 90,90%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras meningkat dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hafriani, M.Pd; 2. Ade Irfan, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Putri Nura Julita
Date Deposited: 27 Sep 2018 03:36
Last Modified: 27 Sep 2018 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5096

Actions (login required)

View Item View Item
TOP