Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di MTsN Sabang

Nurul Ramzani, 281223117 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di MTsN Sabang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Mind Mapping, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Model Mind Mapping, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa)
Nurul Ramzani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Mind Mapping, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Model Mind Mapping, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (848kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di MTsN Sabangmasih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya pencapaian KKM.Alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model dan media yang sesuai dengan materi pelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran mind mapping yang dikombinasikan dengan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan modelpembelajaran mind mapping dan media audio visual jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem ekskresi manusia di MTsN
Sabang. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Sabang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-3 dan VIII-4 yang berjumlah 25 siswa setiap kelasnya. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas
belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran mind mapping dan media audio visual tergolong sangat aktif dengan nilai persentase 76,70% pada pertemuan pertama dan siswa tergolong sangat aktif dengan nilai persentase
86,36% pada pertemuan kedua. Sedangkan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran konvensional memiliki nilai persentase 61,36% pada pertemuan pertama dan 71,02% pada pertemuan kedua. Hasil uji-t menunjukkan thitung 2,47 >
ttabel 1,67, sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran mind mapping dan media audio visual lebih tinggi jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Elita Agustina, M. Si 2. Eriawati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Media Audio Visual, Aktivitas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Ramzani
Date Deposited: 29 Sep 2018 07:52
Last Modified: 08 Oct 2018 10:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item
View Item