Sistem Eksekusi Jaminan Pada Pembiayaan Musyarakah di Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh

Fitria Andriani, 121309829 (2017) Sistem Eksekusi Jaminan Pada Pembiayaan Musyarakah di Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Eksekusi Jaminan)
Fitria.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar aset perbankan terdapat pada pembiayaan. Satu sisi, pembiayaan merupakan sumber pendapatan terbesar namun sekaligus sebagai sumber resiko bisnis yang terbesar pula. Sehingga pembiayaan tersebut harus dijaga kualitasnya. Bank Syari’ah Mandiri Cabang Banda Aceh menyalurkan pembiayaan kepada nasabah debitur demi pemenuhan modal usaha dan kebutuhannya yang mana bank sering kali mengalami kendala-kendala terhadap debitur bermasalah pada pembiayaannya, sehingga mengharuskan bank untuk melakukan eksekusi terhadap jaminan nasabah. Untuk mengantisipasi pembiayaan bermasalah pada nasabah debitur, bank syari’ah mandiri harus menilai dengan baik, penilaian dan evaluasi dalam penyaluran pembiayaan akan mengurangi kemungkinan akan terjadinya resiko pada pembiayaan musyarakah. Meskipun pihak bank telah melakukan proteksi terhadap penyimpangan debiturnya namun tetap muncul masalah dalam pembiayaan musyarakah di Bank Syari’ah Mandiri Cabang Banda Aceh. Adapaun masalah sebagai fokus penelitian yaitu alasan dari manajemen bank dalam melakukan eksekusi jaminan, bagaimana proses pelaksanaan eksekusi jaminan pada Bank Syari’ah Mandiri Cabang Banda Aceh dan tinjaun hukum Islam terhadap praktik tersebut. Penulisan ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, pengumpulan data menggunakan library dan field reseach, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan daa dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa pihak perbankan tidak langsung melakukan eksekusi terhadap jaminan debitur, dan jika seandainya terjadi pembiayaan bermasalah maka pihak bank menawarkan solusi-soslusi sesuai dengan tahapan sebelum dilakukan eksekusi terhadap jaminan, dan jika debitur sudah tidak memiliki i’tikad baik maka kemudian jaminan dari nasabah debitur di eksekusi oleh perbankan yang mana hal ini masih diperdebatkan oleh ulama mazhab dan ahli-ahli ekonomi Islam terkemuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.EMK. Alidar., S.Ag., M.Hum; NIP.197406261994021003 2.Fakhrurrazi M.Yunus, Lc. M.A; NIP. 197702212008011008
Uncontrolled Keywords: Eksekusi, Pembiayaan, Jaminan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S.H FITRIA ANDRIANI M.THAIB
Date Deposited: 05 Sep 2017 09:26
Last Modified: 05 Sep 2017 09:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item
TOP