Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar pada Materi Kelarutan Garam di SMA Negeri 1 Indrapuri

Dian Salwa, 140208008 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar pada Materi Kelarutan Garam di SMA Negeri 1 Indrapuri. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization)
Dian Salwa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (609kB) | Preview

Abstract

Kurangnya variasi dalam penerapan model pembelajaran menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization merupakan salah satu model pembelajaran yang mempermudah proses pembelajaran khususnya pada materi yang memerlukan perhitungan. Gaya kognitif merupakan karakteristik seorang siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TAI dan gaya kognitif terhadap hasil belajar dan mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif TAI pada materi kelarutan garam di SMA Negeri 1 Indrapuri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, rancangan penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 dengan 24 orang siswa. Hasil uji normalitas untuk gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent berturut-turut adalah 0,133 dan 0,200, nilai signifikansi uji homogenitas adalah 0,320 serta nilai signifikansi uji-t independen adalah 0,0005 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan gaya kognitif field independent lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent jika diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif TAI pada materi kelarutan garam di SMA Negeri 1 Indrapuri. Hasil respon siswa yaitu 83,643 % yang menunjukkan bahwa siswa tertarik belajar dengan model pembelajaran kooperatif TAI pada materi kelarutan garam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muammar Yulian, M.Si 2. Khairun Nisah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif TAI, Gaya kognitif, Kelarutan Garam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Dian Salwa
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:10
Last Modified: 02 Oct 2018 09:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5129

Actions (login required)

View Item
View Item