Siaran Televisi Berbasis Islam (Studi terhadap Televisi alhijrah Malaysia)

Hamizah Binti Shafie, 411307157 (2016) Siaran Televisi Berbasis Islam (Studi terhadap Televisi alhijrah Malaysia). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang siaran televisi berbasis islam)
Hamizah Binti Shafie.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Siaran Berbasis Islam (Studi Terhadap Televisi AlHijrah Malaysia.)” Penelitian dilatarbelakangi karena program siaran yang berbasis Islam dianggap merupakan program-program yang tidak menarik atau tidak menghibur. Produser berupaya secara kreatif menarik perhatian penonton. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program siaran Islami pada televisi AlHijrah, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh pihak manajemen televisi AlHijrah dalam menerapkan penyiaran berbasis Islam dan untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap acara-acara keislaman yang ditayangkan televisi AlHirah. Penelitian ini dilakukan pada TV AlHijrah dan tokoh masyarakat Malaysia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data yakni wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian berita TV AlHijrah menggunakan teknik informatif yang berbentuk hard news, program acara majalah (magazines), talk show dan dokumentasi menggunakan jenis program soft news yang berbentuk informatif, dan program acara drama, musik dan permainan, mereka menggunakan jenis komunikasi hiburan (santai). Kendala external di stasiun ini adalah kurangnya pengiklan, tantangan pemirsa, kurang tenaga pekerja dan pekerja profesional, kurangnya tenaga pengajar, saingan teknologi antara stasiun di Malaysia. Sedangkan kendala internal, susah menarik perhatian penonton, pengiklan dan sponsor untuk meningkatkan pendapatan stasiun, selain itu menyesuaikan aturan syariat, pemerintah, penonton dan pengiklan. Selanjutnya yaitu kurangnya penonton dalam program talk show agama. Pekerja berbagai aliran, kekurangan keuangan. Respon dari masyarakat terhadap acara keislaman di TV AlHijrah mendapatkan tanggapan yang positif, dan memberikan manfaat. Untuk meningkatkan jumlah pemirsa, responden menyarankan agar dapat memperbanyakkan lagi promosi, memperbanyakkan program hiburan islami, disamping mengkaji waktu sesuai bagi program tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jasafat, M.A; NIP.196312311994021001. 2. Taufik, SE, Ak.,M.Ed; NIP.197705102009011013.
Uncontrolled Keywords: Siaran, Islam, Televisi dan Penyiaran Islami
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 070 News Media, Journalism & Publishing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 07:18
Last Modified: 29 Aug 2017 07:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item
TOP