Peran Pengasuh dalam Pembinaan Emosional Anak di Panti Asuhan Jamboe Manyang Aceh Selatan

Nursiam, 271223067 (2018) Peran Pengasuh dalam Pembinaan Emosional Anak di Panti Asuhan Jamboe Manyang Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Emosional Anak]
Preview
Text (Membahas tentang Emosional Anak)
Nursiam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (828kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Emosional Anak]
Preview
Text (Membahas tentang Emosional Anak)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (542kB) | Preview

Abstract

Pembinaan emosi merupakan suatu proses membantu diri atau orang lain dalam mengendalikan dan mengarahkan emosi dengan cara memberikan berbagai pelatihan, fasilitas, umpan balik terhadap tingkah laku tertentu, sehingga seseorang mampu megembangkan emosi sebagai sarana pendukung tingkah laku yang efektif dan normatif. Namun pembinaan emosi di panti asuhan belum dilaksanakan secara maksimal karena anak-anak yang hidup di panti tidak memproleh pengasuhan dari kedua orangtua . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh anak di Panti Asuhan Jamboe Mayang Aceh Selatan, bagaimana peran pengasuh anak dalam pembinaan emosional anak di panti asuhan jamboe manyang Aceh Selatan, dan apa saja kendala yang dialami pengasuh dalam pembinaan emosi anak di Panti Asuhan Jamboe Manyang Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah kepala panti, pengasuh, dan anak. Teknik penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pola asuh digunakan adalah demokratis dan pola asuh permisif, akan tetapi yang sering digunakan lebih kepada pola asuh demokratis,(a) di mana ibu asuh memberi kebebasan kepada anak asuh untuk mengembangkan kontrol internalnya lamban laun anak berlatih untuk memilih cita-cita yang terbaik bagi dirinya, (b) sering dilibatkan dalam pembicaraan terutama yang menyangkut dengan kehidupan anak itu sendiri, (c) anak diberi kesempatan untuk mengembangkan kontrol internalnya sehingga sedikit demi sedikit berlatih untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri. Anak dilibatkan dan diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam mengatur hidupnya. Kedua, Peran pengasuh yaitu: mengasuh, (a) membesarkan dan mengarahkan menuju kepada kedewasaan, (b) serta menanamkan norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku, (c) disamping itu juga harus mampu mengembangkan potensi yang ada pada diri anak, (d) memberi teladan dan mampu mengembangkan pertumbuhan pribadi dengan penuh kasih sayang sebagaimana orang tua kandung. Adapun faktor kendala yang menghambat pengasuh dalam memberikan pembinaan emosional kepada anak asuh meliputi: (a). Keadaan anak asuh yang berbeda-beda dalam pembentukan moral anak (b). Kurangnya perhatian pengasuh terhadap anak asuh yang ada di panti asuhan Jamboe Manyang (c). pengaruh lingkungan sekitar atau lingkungan dimana tempat anak asuh itu tumbuh merupakan salah satu kendala yang ditemui pengasuh dalam pembinaan emosi anak asuh. (d) kurangnya pengasuh yang ada di panti ini (e) waktu yang diberikan untuk anak tidak maksimal, dan (f) dana atau sarana yang tidak mencukupi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Fatimah Ibda, M. Si; 2. Mumtazul Fikri, MA
Uncontrolled Keywords: Peran Pengasuh, Pembinaan Emosional Anak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nursiam Nur
Date Deposited: 29 Sep 2018 08:01
Last Modified: 29 Sep 2018 08:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item
View Item