Penerapan Pendekatan Lingkungan dengan Model Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Alurmas Aceh Selatan

Nasri Marhamah, 201325209 (2018) Penerapan Pendekatan Lingkungan dengan Model Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Alurmas Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Nasri Marhamah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang didapati pada SDN Alurmas Aceh Selatan adalah proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru sehingga pembelajaran IPA kurang di minati, siswa kurang aktif dalam mencari dan menemukan informasi baru untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, perlu dilakukan ketelibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan pendekatan lingkungan dengan model picture – picture terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran IPA beserta (2) respon siswa pada penerapan pendekatan lingkungan dengan model picture and picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Alurmas Aceh Selatan. Metode penelitian ini digunakan adalah metode Pre-Eksperimental dengan desain “one group pretest-posttes”. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Alurmas Aceh yang berjumlah 18 orang siswa. Pengumpulan data digunakan dengan (1) tes kemampuan berpikir kritis siswa dan (2) angket respon siswa. Dalam bentuk instrumen penelitian soal tes essay dan juga lembar angket respon. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test x ̅=70,20 dan rata-rata pre-test x ̅=36,72. Data hasil (1) tes kemampuan berpikir kritis yang telah dilakukan pengolahan data pengujian hipotesis menggunakan uji-t (t-test) pada taraf signifikasi ∝ =0,05 dengan derajat kebebasan (dk) 17, diperoleh thitung =1,70 dan untuk ttabel= 1,74. Dengan kriteria pengujian yaitu thitung > ttabel yaitu1,70 ≤ 1,74, ini menunjukkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. (2) Respon siswa terhadap penerapan pendekatan lingkungan dengan model picture and picture mendapatkan respon yang baik terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Dapat di simpulkan bahwa penerapan pendekatan lingkungan dengan model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA materi tumbuhan hijau di SDN Alurmas Aceh Selatan. Respon siswa tehadap penerapan pendekatan lingkungan dengan model picture and picture pada pembelajaran IPA di SDN Alurmas Aceh Selatan dari keseluruhannya respon positif dalam kriteria sangat tertarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azhar,M.Pd 2. Wati Oviana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan lingkungan, picture and picture, kemampuan berpikir kritis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nasri Marhamah
Date Deposited: 29 Sep 2018 07:59
Last Modified: 03 Oct 2018 09:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item
View Item