Strategi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTsN 1 Montasik Aceh Besar

Putri Hastari, 211222412 (2017) Strategi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTsN 1 Montasik Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Putri Hastari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi guru mata pelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan motivasi siswa di MTsN I Montasik Aceh Besar karena masih ada guru yang menggunakan metode ceramah dan hafalan saja sehingga belajar jadi membosankan, seharusnya guru menggunakan tehnik penyajian yang bervariasi supaya kegiatan belajar mengajar tidak membosankan dan diminati oleh siswa, sehingga mendapat perhatian dari peserta didik. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar di MTsN 1 Montasik Aceh Besar (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di MTsN 1 Montasik Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan kajian perpustakaan (library). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 Guru Aqidah Akhlak dan 23 siswa kelas VIII di MTsN I Montasik Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data atau display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa guru Aqidak Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN I Montasik yaitu dengan cara memberikan nasehat, saran dan dorongan kepada siswa serta memberikan reward/penghargaan kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari guru dengan benar, hadiah yang diberikan berupa buku tulis dan pulpen sebagai bentuk penghargaan dari guru sehingga siswa lebih semangat untuk mengikuti pelajaran Aqidah Akhlak. Sedangkan proses pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MTsN I Montasik sudah berjalan dengan baik karena guru sudah mampu membuat siswa menyukai pelajaran Aqidah Akhlak. Strategi guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah menunjukkan hasilnya seperti siswa lebih semangat untuk belajar setelah guru memberikan motivasi berupa nasehat, saran, dorongan dan reward/penghargaan kepada siswa. Adapun proses pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak sudah berjalan dengan baik namun masih perlu penyempurnaan sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Juairiah Umar M, Ag. 2. Sri Astuti, S.Pd.I, MA
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Aqidah Akhlak, Motivasi Belajar, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Hastari
Date Deposited: 29 Sep 2018 07:19
Last Modified: 01 Oct 2018 08:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item
View Item