Analisis Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test) dengan ujian berbasis kertas (Paper Based Test) di SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Mirna Santi, 140212049 (2018) Analisis Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test) dengan ujian berbasis kertas (Paper Based Test) di SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Analisis Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test)]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test))
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Analisis Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test)]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test))
Mirna Santi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan komputer dalam suatu proses pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih banyak dan variatif terhadap peserta didik, sehingga hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar serta mengembangkan keterampilan teknologi informasi dan komputer bagi peserta didik. Pada saat ini teknologi informasi dan komputer tidak hanya digunakan pada proses memberikan suatu ilmu, namun juga dapat menjadi suatu media evaluasi bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan UNBK di SMPN 3 Ingin Jaya yang diantaranya : (1) mengetahui kesiapan internal dan eksternal siswa SMPN 3 Ingin Jaya, (2) mengetahui kesiapan Sekolah SMPN 3 Ingin Jaya. Objek penelitian ini adalah kegiatan UNBK yang dilaksanakan di SMP N 3 Ingin Jaya. Jumlah subjek yang diambil pada penelitian ini sebanyak 53 siswa dan 2 guru. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian campuran/kombinasi (mixed methodologies). Penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang utama adalah kuesioner. Selanjutnya untuk mengecek dan memperbaiki kebenaran data dari kuesioner tersebut maka dilakukan pengumpulan data dengan dengan metode kualitatif yaitu dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa siap untuk mengikuti UNBK, hal ini dibuktikan dengan hasil perolehan nilai uji sebesar 83,14% pada kuisioner untuk penilaian UNBK. Sedangkan untuk kuisioner penilaian ujian nasional berbasis kertas perolehan nilai ujinya sebesar 78%. serta sekolah sudah siap untuk melaksanakaan UNBK tanpa adanya hambatan. Namun masih harus melakukan penyempurnaan guna mendapatkan hasil yang lebih baik. Pemanfaatan komputer dalam suatu proses pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih banyak dan variatif terhadap peserta didik, sehingga hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar serta mengembangkan keterampilan teknologi informasi dan komputer bagi peserta didik. Pada saat ini teknologi informasi dan komputer tidak hanya digunakan pada proses memberikan suatu ilmu, namun juga dapat menjadi suatu media evaluasi bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan UNBK di SMPN 3 Ingin Jaya yang diantaranya : (1) mengetahui kesiapan internal dan eksternal siswa SMPN 3 Ingin Jaya, (2) mengetahui kesiapan Sekolah SMPN 3 Ingin Jaya. Objek penelitian ini adalah kegiatan UNBK yang dilaksanakan di SMP N 3 Ingin Jaya. Jumlah subjek yang diambil pada penelitian ini sebanyak 53 siswa dan 2 guru. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian campuran/kombinasi (mixed methodologies). Penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang utama adalah kuesioner. Selanjutnya untuk mengecek dan memperbaiki kebenaran data dari kuesioner tersebut maka dilakukan pengumpulan data dengan dengan metode kualitatif yaitu dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa siap untuk mengikuti UNBK, hal ini dibuktikan dengan hasil perolehan nilai uji sebesar 83,14% pada kuisioner untuk penilaian UNBK. Sedangkan untuk kuisioner penilaian ujian nasional berbasis kertas perolehan nilai ujinya sebesar 78%. serta sekolah sudah siap untuk melaksanakaan UNBK tanpa adanya hambatan. Namun masih harus melakukan penyempurnaan guna mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muhibbudin, S.Ag., M.Ag 2. Andika Prajana M. Kom
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Siswa, Kesiapan Sekolah, UNBK,hambatan
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Mirna Santi
Date Deposited: 02 Oct 2018 08:46
Last Modified: 02 Oct 2018 08:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5155

Actions (login required)

View Item
View Item