Zulkifli, 140206010 (2018) Kerjasama Sekolah dan Orang Tua dalam Menumbuhkan Karakter Siswa di SDN Lambaro Angan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Zulkifli.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Form B dan Fom D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (655kB) | Preview
Abstract
SDN Lambaro Angan Aceh Besar menerapkan pendidikan karakter kepada siswa seperti bersalaman dengan guru sebelum masuk areal sekolah, disiplin, melepaskan sepatu ketika memasuki ruang kelas, serta membaca doa sebelum dan sesudah belajar. Sekolah juga menjalin hubungan yang baik dengan orang tua dan masyarakat. Akan tetapi di sekolah ini masih terdapat siswa yang membandel seperti sering terlambat datang ke sekolah, membantah guru, tidak mengerjakan tugas sekolah serta tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana sekolah menjalin kerjasama dengan orang tua dalam menumbuhkan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kerjasama sekolah dan orang tua dalam menumbuhkan karakter siswa di SDN Lambaro Angan Aceh Besar antara lain: Mengadakan rapat dengan orang tua siswa, membuat kesepakatan tentang disiplin sekolah dengan orang tua siswa, melakukan kunjungan rumah, menerima kunjungan dari orang tua siswa, melibatkan orang tua dalam menumbuhkan karakter siswa dan mengadakan layanan konseling di sekolah. Pelaksanaannya, rapat dengan orang tua siswa dilaksanakan saat memasuki tahun ajaran baru, pembagian raport, ada anak yang bermasalah, ketika sekolah memperingati Hari Besar Islam, serta saat hendak mengadakan les untuk siswa kelas VI. Nilai karakter yang ditanamkan yaitu nilai yang sesuai dengan ajaran agama, seperti: keimanan, ketaqwaan, sopan santun, kerja keras, tanggung jawab, mandiri, serta kerjasama. Dengan cara terintegrasi ke dalam setiap mata pelajaran, pembiasaan dan keteladanan. Kendala dalam menjalin kerjasama sekolah dan orang tua antara lain: Orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak terlalu perduli dengan perkembangan anak, adanya orang tua yang tidak hadir ke sekolah untuk mengikuti rapat. Serta adanya orang tua yang tidak mau menerima ketika anaknya ditegur dan dikatakan bersalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. Hasbi Wahy, M.Pd 2. Ainul Mardhiah, MA.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama Sekolah dan Orang Tua, Karakter Siswa |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.1 Organisasi dan Aktivitas pada Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ZULKIFLI NAJIMUDIN |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 10:52 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 10:52 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5160 |