Pembinaan Karakter Mahasiswa melalui Pembelajaran Mentoring di Ma’had UIN Ar-Raniry

Abdullah, 211121029 (2017) Pembinaan Karakter Mahasiswa melalui Pembelajaran Mentoring di Ma’had UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembinaan Karakter]
Preview
Text (Membahas tentang Pembinaan Karakter)
Abdullah.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pembinaan Karakter]
Preview
Text (Membahas tentang Pembinaan Karakter)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (934kB) | Preview

Abstract

Pemilihan judul ini dilatar belakangi karena permasalahan karakter yang begitu serius dibicangkan pada era modern ini, senada dengan judul diatas, karakter merupakan hal sangat penting dan mendasar, karena karakter adalah mustika hidup yang membedakan manusia dengan binatang, manusia tanpa karakter adalah manusia yang sudah membinatang. orang-orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual maupun sosial ialah mereka yang memiliki akhlak, moral dan budi pekerti yang baik, adapun orang yang mempunyai karakter baik dan kuat akan mengantarkanya kepada kesuksesan dunia maupun akherat. Pada akhir-akhir tahun ini permasalahan karakter-karkter negatif banyak terjadi di UIN Ar-Raniry, sehingga dibentuklah sebuah Asrama/ Ma’had Jami’ah UIN Ar-Raniry untuk mendidik karakter mahasiswa, dalam bentuk program mentoring, namun penulis menduga masih kurang maksimalnya pola pembinaan karakter mentoring tersebut. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah, bagaimana pola pembinaan karakter mahasiswa melalui pembelajaran mentoring di Ma’had UIN Ar-Raniry, kendala-kendala apa saja yang dihadapi para mentor dalam membina karakter mahasiswa di Ma’had UIN Ar-Raniry, solusi apa yang ditempuh para mentor untuk mengatasi kendala-kendala yang ada di ma’had UIN Ar-Raniry. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembinaan karakter mahasiswa melalui pembelajaran mentoring di Ma’had UIN Ar-Raniry, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi para mentor di Ma’had UIN Ar-Raniry, untuk mengetahui solusi yang di tempuh para mentor yang ada di Ma’had UIN Ar-Raniry. Penelitian ini merupakan field research dengan menggunakan metode kualitatif diskriptif, data yang dikumpulkan melalui angket dan wawancara kemudian data tersebut dianalisis melalui rumus persentase deskriptif. Hasil pembinaan karakter mahasiswa di Ma’had UIN Ar-Raniry belum maksimal, karena masih adanya kendala berupa sarana dan prasarana belum memadai serta komitmen/ keinginan mahasantri dalam menjalani mentoring masih kurang, ada sebagian mahasiswa yang menjalani mentoring sekedar saja bahkan kadang terkesan melawan, karna tidak adanya keikhlasan dalam menuntut ilmu, melainkan hanya sekedar melunasi kewajiban akademik saja, yaitu untuk mendapatkan sertifikat Ma’had UIN Ar-Raniry dalam rangka untuk memenuhi keperluan/ salah satu syarat sidang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hamdiah, MA 2. Dr. Muji Mulia, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Karakter Mahasiswa, Pembelajaran Mentoring, Ma'had Jami'ah UIN Ar-Raniry
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdullah Azam
Date Deposited: 02 Oct 2018 10:34
Last Modified: 02 Oct 2018 10:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item
View Item