Penerapan Model Contextual Teching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Bakongan Timur

Masyida, 140208134 (2018) Penerapan Model Contextual Teching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 1 Bakongan Timur. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Masyida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (380kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan pembelajaran sains yang dianggap membosankan dan sulit dipahami oleh sebagian besar peserta didik. Hal ini terjadi karena mereka mengganggap materi kimia merupakan hal yang tidak ada hubungan nya dengan kehidupan. Fenomena ini memerlukan kemampuan guru untuk mengolah pembelajaran menjadi hal yang disukai dan menyenangkan. Hal ini dapat ditempuh dengan menerapkan model pembelajaran CTL dimana model ini berupaya membawa pemikiran peserta didik untuk lebih memahami makna dari suatu materi karena guru dituntut untuk bisa menghubungkan materi yang dipelajari dengan fenomena-fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan pertanyaan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah aktivitas siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Bakongan Timur pada pembelajaran larutan elektrolit dan non elektrolit dengan penerapan model CTL ? (2) Apakah Penerapan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Bakongan Timur pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit? (3) Bagaimanakah respon siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Bakongan Timur terhadap penerapan model CTL pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit?. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase aktivitas siswa siklus 1 adalah 71,42% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 91,07%. (2) Hasil belajar siswa siklus I adalah sebesar 66,67%, mengalami peningkatan menjadi 80,95% pada siklus II (3) Respon positif siswa sebesar 83,33% dan respon negative siswa sebesar 16,66%, hal ini menandakan 83,33% siswa tertarik belajar materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan model CTL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Maskur, MA 2. Fitriani, S.Pd.I,M.Si
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Masyida -
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:52
Last Modified: 01 Oct 2018 07:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5162

Actions (login required)

View Item View Item
TOP