Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ada Materi Tumbuhan Hijau di Kelas V MIN Lambaro Aceh Besar

Harmaidi, 200919509 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ada Materi Tumbuhan Hijau di Kelas V MIN Lambaro Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Harmaidi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (379kB) | Preview

Abstract

Guru sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar harus mampu mengarahkan proses belajar mengajar agar dilaksanakan dengan baik, berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA di kelas V MIN Lambaro Aceh Besar adalah model pembelajaran Learning Cycle, karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan pengembangan konsep yang dibangun dalam pemikiran siswa, keterampilan siswa, melalui pengamatan dan percobaan ilmiah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model Learning Cycle pada materi tumbuhan hijau dikelas di kelas V MIN Lambaro Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa melalui penerapan model Learning Cycle dalam pembelajaran IPA pada materi tumbuhan hijau di kelas V MIN Lambaro Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V3 MIN Lambaro Aceh Besar dengan KKM untuk pembelajaran IPA 70 dan ketuntasan klasikal 75%. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Aktivitas guru meningkat dari nilai rata-rata 3 pada siklus I menjadi 3,76 pada siklus II , dan aktivitas siswa menigkat dari rata-rata 2,23 pada siklus I menjadi 3,35 pada siklus II, (2) Hasil tes pada siklus I sebesar 39,47% meningkat menjadi 86,84% pada siklus II dan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi tumbuhan hijau dengan perolehan angka persentase siswa yang menjawab sangat setuju (SS) 42,11%, setuju (S) 44,74%, tidak setuju (TS) 10,52 % dan sangat tidak setuju (STS) 2,63%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model learning cycle pada materi tumbuhan hijau dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Lambaro Aceh Besar. Model learning cycle juga dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Nurdin Manyak, M.Ag 2. Al Juhra, S.Sos.I, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Learning Cycle, Materi Tumbuhan Hijau
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harmaidi -
Date Deposited: 02 Oct 2018 08:51
Last Modified: 02 Oct 2018 08:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5172

Actions (login required)

View Item
View Item