Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Chips Berbantu Media Video pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya

Revi Selfia Neli, 140208113 (2018) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Talking Chips Berbantu Media Video pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil Belajar Siswa)
Revi Selfia Neli.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Hasil Belajar Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil Belajar Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami siswa pada materi ikatan kimia adalah pembelajaran yang lebih mengutamakan kepada penjelasan guru, sehingga siswa menjadi pasif tidak aktif dan hanya menggunakan model diskusi biasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif talking chips berbantu media video pada materi ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimen Design, dengan menggunakan satu kelas eksperimen (kelas perlakuan) dan kelas kontrol, untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol maka digunakan desain pretest-postest grup kontrol tidak secara random. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Perbedaan tersebut didapatkan dari jumlah masing-masing nilai rata-rata pretest dan posttest siswa pada kelompok eksperimen x ̅ = 23,26 dan x ̅ = 77,39, sedangkan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa pada kelompok kontrol x ̅=19,54 dan x ̅=60,45. Setelah dilakukan pengolahan data pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t (t-test) pada taraf signifikan α = 0,05 mengunakan program SPSS Versi 20 diperoleh hasil yakni nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar siswa efektif jika dibelajarkan dengan model talking chips berbantu media video pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hilmi, M.Ed 2. Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Talking Chips, Media Video, Hasil Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Revi Selfia Neli
Date Deposited: 10 Oct 2018 05:05
Last Modified: 10 Oct 2018 05:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5177

Actions (login required)

View Item
View Item