Studi Perbandingan Model Pembelajaran Role Playing dan Kooperatif Tipe Talking Chip pada Materi Ikatan Kimia di SMA Inshafuddin Banda Aceh

Rina Sasmita, 140208041 (2018) Studi Perbandingan Model Pembelajaran Role Playing dan Kooperatif Tipe Talking Chip pada Materi Ikatan Kimia di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Studi Perbandingan Model Role Playing dan Kooperatif Tipe Talking]
Preview
Text (Membahas tentang Studi Perbandingan Model Role Playing dan Kooperatif Tipe Talking)
Rina Sasmita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Studi Perbandingan Model Role Playing dan Kooperatif Tipe Talking]
Preview
Text (Studi Perbandingan Model Role Playing dan Kooperatif Tipe Talking)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (328kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh menunjukkan bahwa minat belajar siswa masih kurang dan hasil belajar siswa yang belum tercapai. Permasalahannya adalah bagaimana aktivitas, respon siswa dan hasil belajar siswa terhadap penggunaan model role playing dan kooperatif tipe talking chip. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen none ekuivalen control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampelnya adalah siswa kelas XA yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas XB yang juga berjumlah 30 siswa dan keduanya merupakan kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas siswa, angket, dan tes dengan menggunakan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji-T, dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh uji-t sebesar 4,49 dengan taraf signifikan α=0.05 atau 5% diketahui thitung > ttabel atau 4,49 > 1,67 sehingga Ha diterima Ho ditolak. Persentase aktivitas siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe talking chip sebesar 81,25% dan model role playing sebesar 77%. Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif talking chip sebesar 89,1% dan menggunakan model role playing sebesar 78,48%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe talking chip dapat meningkatkan aktivitas belajar, respon siswa dan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia dibandingkan dengan menggunakan model role playing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ramli Abdullah, M.Pd 2. Muhammad Ridwan Harahap, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Ikatan Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: rina sasmita
Date Deposited: 04 Oct 2018 23:50
Last Modified: 04 Oct 2018 23:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5185

Actions (login required)

View Item
View Item