Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan di Kelas III MIN Merduati Banda Aceh

Mirna Yulianti, 201121737 (2017) Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan di Kelas III MIN Merduati Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Mirna Yulianti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Terpenuhinya keberhasilan siswa dalam belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan guru saat melakukan proses belajar mengajar, dan jika pembelajaran tidak diiringi dengan kegiatan yang sesuai dengan materi pelajaran maka siswa tidak semangat belajar dan malas memperhatikan penjelasan guru. Adapun pertanyaan penulis dalam skripsi ini adalah bagaimana aktivitas guru, bagaimana aktivitas siswa dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran Matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas III MIN Merduati Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru, untuk mengetahui aktivitas siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode sosiodrama dalam pembelajaran Matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas III MIN Merduati Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data diantaranya dengan menggunakan tes dan observasi, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kelas III/b yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari 16 siswa dan 16 siswi di MIN Merduati Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pada setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu dari katagori cukup dengan persentase 55,31% menjadi katagori baik dengan persentase 85,62%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan metode sosiodrama pada konsep materi operasi hitung pada siklus I masih pada katagori cukup yaitu 61,11% dan pada siklus II sudah mencapai kategori sangat baik 94,44%. Aktivitas guru selama proses pembelajaran dengan metode sosiodrama pada konsep materi operasi hitung pada siklus I masih pada katagori cukup yaitu 2,72 dan pada siklus II mengalami peningkatan 3,88 dengan kategori baik. Adapun hasil belajar siswa secara klasikal untuk materi operasi hitung dengan penggunaan metode sosiodrama sudah tercapai dan mengalami peningkatan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Yuni Setia Ningsih, M.Ag 2.Zikra Hayati
Uncontrolled Keywords: Metode, Belajar, Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mirna Yulianti
Date Deposited: 04 Oct 2018 04:08
Last Modified: 04 Oct 2018 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5195

Actions (login required)

View Item
View Item