Efektivitas Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)Terintegrasi Entrepreneur pada Materi Laju Reaksi di SMAN 2 Darul Makmur

Ayu Mafriani, 140208086 (2018) Efektivitas Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)Terintegrasi Entrepreneur pada Materi Laju Reaksi di SMAN 2 Darul Makmur. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Ayu Mafriani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (481kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar kimia pada materi laju reaksi disebabkan rendahnya pemahaman dan penguasaan siswa. Hal ini karena proses pembelajaran masih menggunakan metode Teacher Center dan siswa kurang aktif. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat menjembati masalah tersebut. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian efektivitas model kooperatif tipe Group Investigation (GI) terintegrasi entrepreneur pada materi laju reaksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektif atau tidak model tersebut yang dilihat dari 3 indikator yaitu aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperiment menggunakan desain one group pretest posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA2 SMAN 2 Darul Makmur berjumlah 20 siswa. Hasil perolehan data aktivitas siswa selama 2 kali pertemuan yaitu 95,84% dan 96,21%, menunjukan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain dan uji t one sample t test. Hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dan hasil analisis uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,72 yakni termasuk kategori tinggi. Sehingga disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigations (GI) terintegrasi entrepreneur efektif dengan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi lebih tinggi dari nilai KKM. Hasil persentase respon siswa yaitu 74,50% mengindikasikan siswa tertarik belajar menggunakan model kooperatif tipe Group Investigations (GI) terintegrasi entrepreneur. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigations (GI) terintegrasi entrepreneur efektif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mujakir, M. Pd. Si 2. Sabarni, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Entrepreneur, Hasil Belajar, Laju Reaksi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ayu Mafriani
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:30
Last Modified: 02 Oct 2018 09:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item View Item
TOP