Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MIN 5 Banda Aceh

Rauhul Hamidia, 201325053 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran)
Rauhul Hamidia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA yang dialami oleh siswa kelas IV MIN 5 Banda Aceh, disebabkan guru belum menggunakan model yang tepat dalam suatu pembelajaran, proses pembelajaran dilaksanakan hanya berdasarkan teori, tanpa adanya suatu media pendukung yang dapat membuat siswa mampu berimajinasi, dan mengeluarkan pendapatnya masing-masing. Oleh karena itu, banyak siswa yang kesulitan dalam mencari jawaban dan siswa terlihat kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga diharapkan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model picture and picture di kelas IV MIN 5 Banda Aceh, untuk mengetahui aktivitas siswa melalui model picture and picture di kelas IV MIN 5 Banda Aceh, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model picture and picture di kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVa MIN 5 Banda Aceh yang berjumlah 34 siswa. Teknik dan instrumen penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang ditandai dengan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I masih berada kategori cukup yaitu 72%, pada siklus II sudah mencapai kategori baik yaitu 82%, dan pada siklus III yaitu 96% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran siklus I masih berada kategori cukup yaitu 71%, pada siklus II sudah mencapai kategoi baik yaitu 85% dan pada siklus III yaitu 93% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan melalui model picture and picture, pada siklus I yaitu 65%, siklus II yaitu 74%, siklus III yaitu 85%, dan tes akhir yaitu 91%. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN 5 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Tasnim Idris, M. Ag 2. Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Picture and Picture, Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rauhul Hamidia
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:50
Last Modified: 04 Oct 2018 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item
View Item