Penerapan Model Reciprocal Teaching terhadap Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP

Amna Zahrina, 261222854 (2018) Penerapan Model Reciprocal Teaching terhadap Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Amna Zahrina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (934kB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah salah satu kompetensi yamg penting dan harus dikembangkan dalam setiap topik matematika. Oleh karena itu kemampuan komunikasi matematis perlu mendapat perhatian dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh masih rendah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menjelaskan ide, situasi secara tertulis kedalam bentuk gambar serta memberi alasan rasional pada setiap jawaban. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa disebabkan oleh salah satunya adalah proses pembelajaran yang tidak memperhatikan tingkat pemikiran dari masing-masing siswa. Oleh karena itu solusinya adalah dengan menerapkan pembelajaran reciprocal teaching. Reciprocal teaching adalah suatu model pembelajaran yang menerapkan empat strategi pemahaman mandiri, yaitu menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya, kemudian memprediksikan pertanyaan selanjutnya dari persoalan yang disodorkan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan melihat kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran reciprocal teaching dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Banda Aceh, sedangkan sampel diambil secara acak, yaitu kelas VIIID dan VIIIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes.Analisis data dilakukan dengan uji t, diperoleh ttabel =2,44, dan thitung =20,99, oleh karena thitung > ttabel, menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dengan Model Reciprocal Teaching lebih baik daripada komunikasi matematis model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd 2. Khairatul Ulya, S.Pd.I., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Amna Zahrina
Date Deposited: 05 Oct 2018 03:53
Last Modified: 05 Oct 2018 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5253

Actions (login required)

View Item View Item
TOP