Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Indrajaya Kabupaten Pidie

Sarah Azzuhra, 281324820 (2018) Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Sarah Azzuhra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (563kB) | Preview

Abstract

Penerapan metode akan berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa, karena penerapan metode sangat membantu dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie yang dibelajarkan dengan penerapan metode eksperimen sebagai metode pembelajaran jika dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada materi pencemaran lingkungan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan populasi siswa VII Pidie, sedangkan untuk sampel pada penelitian ini adalah yang berjumlah 23 siswa kelas VII8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII7 berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol disebut juga dengan total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes yang terdiri dari pre tes dan pos tes. Teknik analisis pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa, dimana kelas eksperimen termasuk dalam katagori sangat baik sedangkan kelas kontrol termasuk dalam katagori baik. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa, dimana hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, terbukti bahwa thitung > ttabel yaitu 10,9 > 1,68. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari hasil pennolahan data pada materi pencemaran lingkungan dengan menggunakan metode eksperimen lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional di SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Sementara aktivitas siswa terhadap penerapan metode eksperimen pada materi pencemaran lingkungan adalah sangat baik dikarenankan setiap aspek yang disrespon memperoleh persentase >80%, sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Anton Widyanto, M.Ag, Ed,S; 2. Daniah, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Teknik, Alat Peraga
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sarahh Azzuhraa
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:45
Last Modified: 04 Oct 2018 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5261

Actions (login required)

View Item
View Item