Penerapan Model Call on The Next Speaker untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI Kelas VII SMP Darul Muta'alimin Tanah Merah Aceh Singkil

Siti Mulia, 211222385 (2017) Penerapan Model Call on The Next Speaker untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI Kelas VII SMP Darul Muta'alimin Tanah Merah Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Model Call on The Next Speaker]
Preview
Text (Membahas tentang Model Call on The Next Speaker)
Siti Mulia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (743kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran PAI yang selama ini dilakukan di kelas VII SMP Darul Muta'allimin Tanah Merah belum mampu mengaktifkan siswa dalam belajar, seperti bertanya atau mengeluarkan pendapat. Penelitian ini mencoba menerapkan model call on the next speaker dalam pembelajaran PAI, dengan rumusan masalah; 1). Bagaimana kualifikasi keaktifan guru dan siswa dalam pembelajaran PAI melalui model call on the next speaker di SMP Darul Muta’alimin Tanah Merah Aceh Singkil? 2) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan call on the next speaker dalam pembelajaran PAI di SMP Darul Muta’allimin Tanah Merah Aceh singkil? Subjek penelitian ini adalah Kelas VII Darul Muta'alimin Tanah Merah yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan skala sikap Likert. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II, dan diperoleh kesimpulan; 1). Kualifikasi aktivitas guru pada siklus I dan II dikategorikan “baik sekali” yaitu 88.15 pada siklus I dan 94.73 pada siklus II. Adapun kualifikasi aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 70, dan mencapai target ketuntasan minimal pada siklus II, yaitu 89. 2). Siswa kelas VII SMP Darul Muta’allimin sangat tertarik dengan pembelajaran PAI yang menerapkan model call on the next speaker. Respon siswa tergolong “sangat tertarik” yaitu 96 pada siklus I dan meningkat hingga 100 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pembimbing I : Zulfatmi, S.Ag, M.Ag Pembimbing II : Realita, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model, Call on The Next Speaker, Meningkatkan Keaktifan Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 24 Oct 2018 01:49
Last Modified: 24 Oct 2018 01:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item
View Item