Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) Menggunakan Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IV MIN 13 Aceh Besar

Murniati, 201223469 (2018) Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) Menggunakan Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IV MIN 13 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Murniati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam materi pengubinan diantaranya adalah sebagian besar siswa kurang bersungguh-sungguh dalam menerima materi pelajaran matematika, hal ini terlihat dari sikap dan aktifitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan puzzle. Adapun pertanyaan peneliti (1) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan Puzzle yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV MIN 13 Aceh Besar? (2) bagaimana aktifitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan Puzzle yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV MIN 13 Aceh Besar? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data diantaranya dengan menggunakan tes dan observasi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV/b MIN 13 Aceh Besar. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan tes. Pre test diberikan sebelum memulai pembelajaran yang berjumlah 5 soal dan post test diberikan setelah pembelajaran yang berjumlah 10 soal. Tes hasil belajar terdiri dari 10 soal untuk setiap siklus dalam bentuk isian yang diberikan setelah pembelajaran. Observasi digunakan untuk mengetahui aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dengan model TGT (Teams Games Tournament). Berdasarkan penelitian diperoleh pada Siklus I 73,33% dengan jumlah 22 siswa yang tuntas, dengan jumlah 8 siswa yang tidak tuntas. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh peningkatan dengan presentase 93,33% dengan jumlah 28 siswa yang tuntas, dengan jumlah 2 siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat pada observasi aktifitas siswa pada siklus I memperoleh nilai dengan persentase 70, 45% tergolong dalam kategori baik, ada aktifitas yang perlu ditingkatkan yaitu motivasi dari guru, siswa dalam bekerja sama, siswa menciptakan kekompakan dan ketepatan dalam pertandingan, dan bisa menyimpulkan materi. Pada siklus II memperoleh nilai dengan persentase 88, 63% tergolong kategori sangat baik. Maka dapat dilihat bahwa tingkat kemampuan siswa materi pengubinan mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saifullah, M. Ag; 2. Dr. Zainal Abidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Puzzle
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Murniati Ati
Date Deposited: 10 Oct 2018 05:09
Last Modified: 10 Oct 2018 05:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5277

Actions (login required)

View Item
View Item