Penerapan Student Team Achievement Division (STAD)Berbasis Media PhET pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Panton Labu

Putri Novira, 140208040 (2018) Penerapan Student Team Achievement Division (STAD)Berbasis Media PhET pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Panton Labu. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Putri Novira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 1 Panton Labu pada pencapaian hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, penulis berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model STAD (Student Team Achievement Division) berbasis media PhET (Physics Education Technology). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran dengan penerapan model STAD berbasis media PhET pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X SMA Negeri 1 Panton Labu? Apakah penerapan model STAD berbasis media PhET pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa? Bagaimana respon siswa dalam belajar dengan penerapan model STAD berbasis media PhET? Apakah penerapan model STAD berbasis media PhET pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Panton labu?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan tes, kemudian data tersebut dianalisis melalui rumus persentase. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas guru pada siklus I didapat nilai rata-rata sebesar 3,61 dan pada siklus II sebesar 3,9. Aktivitas siswa pada siklus I didapat nilai rata-rata sebesar 3,64 dan pada siklus II sebesar 3,91. Hasil respon siswa menunjukkan 94,3% siswa setuju dan 5,7% siswa tidak setuju terhadap kegiatan pembelajaran kimia pada materi elektrolit dan nonelektrolit menggunakan model STAD berbasis media PhET. Hasil belajar siswa pada siklus I didapat nilai rata-rata sebesar 72,67 dan pada siklus II sebesar 84,7. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student team achievement division (STAD) berbasis media PhET pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Panton labu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd 2. Teuku Badlisyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: odel STAD, media PhET, Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Putri Novira
Date Deposited: 05 Oct 2018 05:04
Last Modified: 07 Nov 2018 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5285

Actions (login required)

View Item View Item
TOP