Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbasis Media Lingkungan pada Materi Asam Basa terhadap Keterampilan Proses Sains SMA Negeri 1 Ingin Jaya

Heni Nadia, 140208103 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbasis Media Lingkungan pada Materi Asam Basa terhadap Keterampilan Proses Sains SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Heni Nadia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ilmu kimia merupakan ilmu yang menekan pada keterampilan proses sains dalam setiap proses pembelajarannya misalnya pada materi asam basa. Berdasarkan observasi, pendekatan yang dilakukan guru masih bersifat teacher center bukan student center, pengukuran hasil belajar sains kebanyakan hanya mengukur pada aspek kognitif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran CTL berbasis media lingkungan pada materi asam basa terhadap keterampilan proses sains di SMA Negeri 1 Ingin Jaya (2) mengetahui bagaimana aktivitas peserta didik dengan menerapkan model CTL berbasis media lingkungan terhadap keterampilan porses sains pada materi asam basa di SMAN 1 Ingin Jaya. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan design One-Shot Case Study. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik porpusive sampling. Instrument yang digunakan ialah lembar observasi aktivitas KPS peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan rata-rata nilai KKM dengan KPS peserta didik. Pada nilai KKM x ̅ = 68,23 dan pada nilai KPS x ̅ = 82,07. Setelah dilakukan pengolahan data pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α=0.05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,308 > 1,725 dan berdasarkan hasil analisis menggunakan program SPSS versi 20.0 diperoleh hasil yakni nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian, berdasarkan kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α = 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berbasis media lingkungan memiliki pengaruh terhadap keterampilan proses sains (KPS) peserta didik pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Adapun aktivitas keterampilan proses sains peserta didik di kategorikan ke dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase peserta didik sebesar 82.07 %. Keterampilan proses sains tertinggi adalah merencanakan percobaan 89,28% (sangat baik). Sedangkan keterampilan proses sains yang paling terendah adalah keterampilan hipotesis 73.80 % (baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Hilmi, M.Ed 2. Hayatuz Zakiyah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Media Lingkungan, KPS dan Asam Basa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Heni Nadia
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:14
Last Modified: 05 Oct 2018 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item
View Item