Pengelolaan Kelas dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa di MTsS Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar

Khusnul Khatimah Adamy, 140206147 (2018) Pengelolaan Kelas dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa di MTsS Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengelolaan Kelas]
Preview
Text (Membahas tentang Pengelolaan Kelas)
Khusnul Khatimah Adamy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengelolaan Kelas]
Preview
Text (Membahas tentang Pengelolaan Kelas)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (766kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas yang baik dapat meningkatkan keaktifansiswa dalam belajar, namun permasalahan yang terjadi adalah belum maksimalnya pengelolaan kelas dan keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat dari adanya beberapa kelas dan pengaturan bangku serta penataan perlengakapan kelas yang belum tertata dengan baik, adanya siswa yang tidak memberi respon selama pembelajaran, takut dengan guru sehingga tidak berani untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat, kurang minat siswa dalam belajar hingga tertidur, dan terlambat masuk kelas bahkan sampai membolos. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kelas, kendala, dan solusi terhadap kendala pengelolaan kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTsS Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa sudah baik, hal ini terlihat dari pengaturan dan pengelompokan siswa yang menggunakan formasi duduk berhadapan, berdasarkan kesenangan berkawan dan kemampuan siswa, pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, adanya rasa ingin tahu yang besar sehingga siswa berani dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat, serta aktif dalam diskusi kelompok. Kendala dan solusi terhadap kendala pengelolaan kelas dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah adanya guru yang menerapkan pembelajaran monoton sehingga dilakukan bimbingan dalam pembuatan RPP, adanya sikap guru tidak fokus selama mengajar sehingga dilakukan pemanggilan khusus oleh kepala sekolah, dan adanya siswa yang melanggar aturan sehingga diberi tindakan berupa motivasi, sanksi ataupun dikeluarkan dari sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Jamaliah Hasballah, MA 2. Mumtazul Fikri, S.Pd.I., MA
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kelas, keaktifan belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Khusnul Khatimah Adamy
Date Deposited: 16 Nov 2018 08:44
Last Modified: 16 Nov 2018 08:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5297

Actions (login required)

View Item
View Item