Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 4 Banda Aceh

Lisa Putri, 140208190 (2018) Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Identifikasi Miskonsepsi]
Preview
Text (Membahas tentang Identifikasi Miskonsepsi)
Lisa Putri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Identifikasi Miskonsepsi]
Preview
Text (Membahas tentang Identifikasi Miskonsepsi)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang miskonsepsi yang dimaksud adalah kesalahpahaman dalam memahami konsep tentang materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X IPA 1 SMA Negeri 4 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes obyektif pilihan ganda beralasan terbuka yang dilengkapi dengan CRI (Certainty of Responden Index) dan wawancara. Wawancara bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa. Pengolahan data menggunakan teknik perhitungan persentase. Hasil analisa data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pemahaman siswa yaitu untuk siswa yang paham konsep dan yakin (PKY) memiliki persentase 29%, siswa yang paham konsep tetapi tidak yakin (PKTY) 3%, siswa yang tidak tahu konsep (TTK) 15%, dan siswa yang miskonsepsi (M) sebesar 54%. Penyebab miskonsepsi ini disebabkan karena metode mengajar guru membosankan sehingga siswa salah memahami materi yang sudah diberikan. Miskonsepsi dengan persentase sangat tinggi terdapat pada indikator soal menentukan larutan berdasarkan daya hantarnya jika volume sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2. Nurbayani, MA
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Certainty of Responden Index, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Lisa Putri
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:16
Last Modified: 08 Oct 2018 09:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item
View Item