Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP/MTs

Nurul Akmal, 261324541 (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Perangkat Pembelajaran)
Nurul Akmal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (40MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Perangkat Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran merupakan salah satu kemampuan matematis yang harus dilatih pada peserta didik dalam pembelajaran matematika seperti yang dituntut dalam NCTM. Namun berdasarkan hasil tes PISA kemampuan penalaran peserta didik di Indonesia tergolong masih rendah. Model pembelajaran Discovery Learning merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran. Berdasarkan analisis perangkat pembelajaran yang dilakukan di dua SMP/MTs, sudah ada yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning namun dalam langkah-langkah pembelajaran belum melatih peserta didik untuk bernalar. Maka diperlukan suatu pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa SMP/MTs yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kevalidan diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai sangat valid dan kesepakatan antar validator yang mencapai kategori baik untuk RPP, LKPD, bahan ajar, dan LE. Kepraktisan terlihat dari penilaian validator yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dapat diterapkan. Selain itu kriteria kepraktisan juga dilihat dari hasil analisis respon guru terhadap perangkat pembelajaran, diperoleh rata-rata 4,62 dengan kriteria sangat baik sehingga dikatakan praktis. Oleh karena itu perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M.Kes 2. Susanti, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Kemampuan Penalaran, Discovery Learning
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Akmal
Date Deposited: 09 Oct 2018 02:35
Last Modified: 09 Oct 2018 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item
TOP