Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik yang Mengintegrasikan Nilai Keislaman di MTs Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh

Khairul Bariyah, 140205092 (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik yang Mengintegrasikan Nilai Keislaman di MTs Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Perangkat Pembelajaran)
Khairul Bariyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Perangkat Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB) | Preview

Abstract

Sumber utama nilai keislaman adalah Al Qur’an. Pembelajaran matematika perlu adanya pengintegrasian terhadap nilai keislaman, khususnya pada madrasah-madrasah di Aceh. Salah satu cara agar dapat mengintegrasikan nilai keislaman yaitu melalui pengembangan perangkat pembelajaran. Perangkat permbelajaran menjadi alat untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang mengintegrasikan nilai keislaman pada materi perbandingan di MTs Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh. Tujuan mengintegrasikan nilai keislaman pada madrasah tersebut ialah untuk menghindari pemisahan antara matematika dan nilai Islam. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (penelitian dan pengembangan) dengan desain penelitian model Four-D. Pengembangan perangkat pembelajaran ini dilakukan dengan tiga tahapan pengembangan. Tahap pertama, define meliputi analisis kurikulum dan ketersediaan perangkat pembelajaran. Tahap kedua, design meliputi rancangan RPP, LKPD, materi ajar dan lembar evaluasi. Tahap ketiga, development meliputi pembuatan program dan validasi yang dilakukan oleh ahli materi matematika dan ahli materi agama dan guru matematika. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan angket respon guru. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dan analisis kepraktisan. Kevalidan perangkat yang diperoleh adalah 80,82% berada pada kriteria valid dan sangat baik. Dan kepraktisan perangkat didapat dari hasil analisis respon guru memperoleh rata-rata 4,2 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dinilai sudah valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M. Pd. 2. Aiyub,S.Ag, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Matematika Realistik, Integrasi, Nilai Keislaman
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khairul Bariyah
Date Deposited: 09 Oct 2018 05:01
Last Modified: 09 Oct 2018 05:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item View Item
TOP