Pengaruh Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Pasar Rukoh Banda Aceh

Ivana Anggraini, 140602009 (2018) Pengaruh Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Pasar Rukoh Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Etika Bisnis Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Etika Bisnis Islam)
Ivana Anggraini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Etika Bisnis Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Etika Bisnis Islam)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (403kB) | Preview

Abstract

Kesuksesan suatu bisnis diperlukan kiat-kiat untuk menarik konsumen. Salah satunya etika bisnis, etika bisnis yaitu suatu bagian terpenting yang harus dimiliki oleh seorang pembisnis, karena etika dipandang sebagai sebuah tuntutan dalam membuat keputusan dalam hal bisnis. Etika bisnis meliputi adil dalam menimbang, jujur menjelaskan kondisi barang, serta ihsan/bersikap ramah tamah dalam melayani konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Seberapa besar pengaruh penerapan konsep keadilan terhadap minat beli konsumen, 2). Besar pengaruh penerapan konsep kejujuran dan 3). Besar pengaruh penerapan konsep ihsan. Jenis penelitian adalah penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, metode pengumpulan dengan kuesioner dan observasi dan metode analisis data yaitu uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Hasil yang diperoleh adalah variabel keadilan berpengaruh sebesar 2.032 artinya adanya hubungan positif atau searah antara variabel keadilan dengan minat beli konsumen. Variabel kejujuran berpengaruh sebesar -0.513 artinya adalah adanya hubungan negatif atau tidak searah antara variabel kejujuran dengan minat beli konsumen. Variabel ihsan/murah hati berpengaruh sebesar 3.175 artinya adanya hubungan positif atau searah antara variabel ihsan/murah hati dengan minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Zaki Fuad Chalil., M.Ag 2. Marwiyati, SE., MM
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Minat Beli Konsumen
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ivana Anggraini
Date Deposited: 08 Oct 2018 10:10
Last Modified: 08 Oct 2018 10:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5336

Actions (login required)

View Item
View Item