Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah di Sman 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie

Nurul Wilda, 281 223 219 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah di Sman 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Jigsaw]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw)
Nurul Wilda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Jigsaw]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai berdampak terhadap hasil belajar dan penguasaan materi yang diserap oleh siswa XI IPA di SMAN 1 Kembang Tanjong. Hal ini terbukti pada materi sistem peredaran darah manusia menunjukkan siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experiment dengan menggunakan desain one group pretest-posttest satu kelas experiment untuk melihat hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kembang Tanjong yang terdiri 4 kelas yaitu XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3, IPA4 sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA2. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes yaitu pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test 50,46 dan nilai rata-rata post-test 74,61. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 18,8 > 1,70 , artinya Ha diterima H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dikatahui bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di SMAN 1 Kembang Tanjong Kabupaten Pidie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Anton Widyanto, M.Ag, Ed, S 2.Nurlia Zahara, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa, Sistem Peredaran Darah Manusia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Wilda
Date Deposited: 12 Oct 2018 04:37
Last Modified: 12 Oct 2018 04:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5340

Actions (login required)

View Item
View Item