Penerapan Model Quantum Teaching and Learning pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 21 Aceh Besar

Sriwahyuni, 201325147 (2018) Penerapan Model Quantum Teaching and Learning pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 21 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pembelajaran)
Sriwahyuni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar sangat dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran. Dengan kondisi siswa yang tidak aktif dan kreatif menyebabkan konsep-konsep materi pelajaran yang dipelajari siswa tidak berkesan atau tidak membekas pada diri siswa, sehingga pembelajaran tersebut tidak menghasilkan hasil belajar siswa seperti yang diharapkan, bahkan mereka kebanyakan tidak mampu mendefinisikan kembali konsep-konsep pelajaran dengan bahasa mereka. Untuk meningkatkan hasil belajar yang baik peneliti mencoba menerapkan salah satu model Quantum Teaching and Learning, yang merupakan suatu model pembelajaran yang inovatif dengan menerapkan proses pembelajaran TANDUR, yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan dan Rayakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa sesudah menerapkan model Quantum Teaching and Learning pada materi IPA kelas IV MIN 21 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MIN 21 Aceh Besar dengan jumlah 24 siswa. Dan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Quantum Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 15 siswa (62,5%) dengan rata-rata 67,08. Siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 21 siswa (87,5%) dengan rata-rata 82,5. Sedangkan pada hasil observasi siklus I yaitu presentase hasil observasi aktivitas siswa sebesar 61,66% berada pada kriteria baik dan presentase pengelolaan pembelajaran guru sebesar 55,20% berada pada kriteria cukup. Pada siklus II presentase aktivitas siswa 96,66% dengan kriteria baik sekali dan presentase pengelolaan pembelajaran guru meningkat menjadi 94,79% berada pada kriteria baik sekali. Simpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah bahwasanya peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah diterapkannya model Quantum Teaching and Learning menunjukkan baik sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saifullah, M. Ag; 2. Daniah, S. Si., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Hasil Belajar dan IPA
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sriwahyuni Yuni
Date Deposited: 10 Oct 2018 05:32
Last Modified: 10 Oct 2018 05:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5380

Actions (login required)

View Item
View Item