Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh

Muhammad Nasir, 201223424 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Muhammad Nasir.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menggunakan media dalam proses pembelajaran sangat penting, hal ini akan dapat memotivasi siswa dalam menerima dan memahami materi. Dalam pembelajaran PKn guru tidak hanya memberikan sejumlah konsep yang bersifat hafalan, namun bagaimana cara mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataannya dalam proses pembelajaran di sekolah MIS Lamgugob Banda Aceh masih sangat sederhana, Hanya menggunakan media gambar yang terdapat pada buku paket. Dampat yang terjadi membuat siswa bosan, dan kurang bersemangat sehingga menjadi kurang menarik pada pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan dalam pembelajaran PKn salah satunya melalui media audio visual. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media audio visual pada pembelajaran PKn materi nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila di kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh?, (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dengan menggunakan media audio visual pada pembelajaran PKn materi nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila di kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh?, (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada pembelajaran PKn materi nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila di kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media audio visual terhadap pembelajaran PKn di kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V MIS 13 Banda Aceh yang berjumlah 34 siswa dengan KKM Individual 75% dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes dalam bentuk multiple choice, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 70,31% dan meningkat pada siklus II yaitu 98,43%. Aktifitas siswa pada siklus I yaitu 71,87% dan meningkat pada siklus II yaitu 92,18%. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 70,58% dan meningkat pada siklus II yaitu 88,23%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran PKn pada siswa kelas V MIS Lamgugob Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Masbur, M.Ag 2. Hafidh Maksum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Nasir
Date Deposited: 19 Oct 2018 03:58
Last Modified: 19 Oct 2018 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5394

Actions (login required)

View Item
View Item