Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Larutan Asam dan Basa di Kelas XI MAN 2 Aceh Utara

Chairul Rijal, 140208057 (2018) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Larutan Asam dan Basa di Kelas XI MAN 2 Aceh Utara. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Chairul Rijal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Aceh Utara tentang pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan asam dan basa yang dilatar belakangi oleh kurangnya kegiatan eksperimen sehingga keterampilan proses sains siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains dan respon siswa setelah menggunakan model discovery learning pada materi larutan asam dan basa. Metode penelitian yang digunakan adalah true-experimental dengan bentuk desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN 2 Aceh Utara dengan jumlah 27 siswa. Hasil keterampilan proses sains dianalisis dengan menggunakan uji r diperoleh = 0,55 = 0,381. Hasil uji koefisien determinasi yaitu 0,3025 menunjukan variabel discovery learning 30,25% dapat menjelaskan variabel keterampilan proses sains. Hasil uji t di peroleh yaitu 3,27 > 2,060. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan asam dan basa di kelas XI MAN 2 Aceh Utara. Hasil persentase rata-rata respon siswa yaitu 90,74% sangat setuju terhadap penggunaan model discovery learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mujakir, M.Pd.Si 2. Anjar Purba Asmara, M,Sc
Uncontrolled Keywords: Model discovery learning, keterampilan proses sains, larutan asam dan basa, respon
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Chairul Rijal
Date Deposited: 12 Oct 2018 03:33
Last Modified: 12 Oct 2018 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5396

Actions (login required)

View Item
View Item