Implementasi Model Pembelajaran Aktif Tipe Pelessons untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Kuala Kabupaten Bireuen

Cut Ila Annabila, 140207093 (2018) Implementasi Model Pembelajaran Aktif Tipe Pelessons untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Kuala Kabupaten Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Cut Ila Annabila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar siswa yang masih rendah secara maksimal dalam proses pembelajaran. Selama ini, pelaksanaan pembelajaran masih didominasi dengan metode ceramah yang proses pembelajarannya lebih terpusat pada guru sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia melalui model pembelajaran aktif tipe Peer Lessons. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kuala Kabupaten Bireuen berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk guru dan lembar observasi untuk siswa serta post test. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I mencapai 80% dengan kriteria baik Siklus II mengalami peningkatan yaitu 92,5% dalam kriteria sangat baik Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I hanya mencapai 56,35% dengan kriteria kurang dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 73,35% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I hanya 14 siswa yang tuntas dengan nilai 61%, dan tidak tuntas 9 siswa dengan perentase 39%. Siklus II mengalami peningkatan yaitu 21 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 91% dan 2 siswa tidak tuntas dengan nilai 9%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe peer Lessons dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nurasiah, M.Pd. 2. Eva Nauli Taib M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peer Lesson, Aktivitas belajar, Hasil belajar, Sistem ekskresi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Ila Annabila
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:40
Last Modified: 18 Oct 2018 06:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5407

Actions (login required)

View Item
View Item