Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi pada Tema Berbagai Pekerjaan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh besar

Fitri Auzafia, 201325211 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi pada Tema Berbagai Pekerjaan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh besar. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Fitri Auzafia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (376kB) | Preview

Abstract

Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar guru menggunakan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi yang berlangsung pada hari itu dan membuat siswa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan. Pembelajaran semacam ini tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif dan bahkan siswa terkesan pasif. Dengan kondisi siswa yang pasif menyebabkan konsep-konsep materi pelajaran yang dipelajari siswa tidak berkesan atau tidak membekas pada diri siswa, sehingga pembelajaran tersebut tidak menghasilkan hasil belajar yang baik bahkan mereka kebanyakan tidak mampu mendefenisikan kembali konsep-konsep pelajaran dengan bahasa mereka. Beranjak dari permasalahan di atas peneliti bermaksud untuk melakukan upaya peningkatan pemahaman konsep yang lebih baik dengan mencoba menerapkan salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu model artikulasi. Model artikulasi dapat meningkatkan konsentrasi dan penyerapan materi pelajaran siswa dalam proses pembelajaran, model pembelajaran artikulasi ini baik digunakan dalam rangka meningkatkan daya ingat dan daya serap siswa dalam memahami materi. Periode penelitian ini dibuat pada tanggal 23 Oktober dan 31 Oktober adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model artikulasi dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV MIN 20 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan Model artikulas (3) Bagaimanakah cara guru meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV MIN 20 Aceh Besar (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 73% dalam kategori baik, siklus II meningkat dengan nilai 92,7% dalam kategori baik sekali. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 70,83% dalam kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 93,10% berada dalam kategori baik sekali. (3) hasil tes siswa pada siklus I sebesar 66% berada dalam kategori kurang, pada siklus II meningkat menjadi 84,18% dalam kategori baik sekali siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model artikulasi dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema 4 berbagai pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jailani, S. Ag, M. Ag 2. Daniah, S. Si., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Artikulasi dan Pemahaman Konsep Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Auzafia
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:02
Last Modified: 11 Oct 2018 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5409

Actions (login required)

View Item
View Item