Perilaku Pergaulan Remaja Muslim dan Non Muslim (Pandangan Tokoh-Tokoh Agama di Kecamatan Suro Kabupaten Aceh Singkil)

Supiyah, 321103048 (2016) Perilaku Pergaulan Remaja Muslim dan Non Muslim (Pandangan Tokoh-Tokoh Agama di Kecamatan Suro Kabupaten Aceh Singkil). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang perilaku pergaulan remaja muslim dan non muslim.)
Supiyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Perilaku Pergaulan Remaja Muslim Dan Non Muslim (Pandangan Tokoh-Tokoh Agama di Kecamatn Suro Kabupaten Aceh Singkil), perilaku pergaulan remajamerupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, dapat juga oleh individu dengan kelompok. Masa remaja adalah juga merupakan masa penuh rintangan dimana masa tersebut sebagai batu loncatan menuju dewasa. Adapun bentuk pergulan bebas merupakan penyakit sosial yang ada di masyarakata, diantara penyakit tersebut adalah minuman keras, penyalahgunaan narkoba, perkelahian antar remaja, perilaku seks di luar nikah. Metode yang dipakai adalah metode kualitatif yaitu berdasarkan pengalaman dan lapangan. Tehnik penulisan didasarkan pada buku Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ushuluddin UIN Ar-Raniry Banda Aceh 2013. Hasil penelitian menujukkan bahwa beberapa tokoh Agama mengenai perilaku pergaulan remaja muslim dan non muslim di Kabupaten Aceh Singkil:
Dalam Islam dinyatakan secara tegas bahwa pergaulan bebas sangat dilarang dan tidak dibenarkan, begitu juga sebaliknya di dalam ajaran Agama Kristen juga melarang tentang pergaulan bebas. Namun remaja muslim dan non muslim di Kecamatn Suro Kabupaten Aceh Singkil masih banyak yang melanggar aturan-aturan yang terdapat didalam Agama masing-masing. Kenakalan remaja yang menjadi permasalah yang paling besar dimata tokoh-tokoh agama dan masyarakat pada masa sekarang ada beberapa poin yang sangat membuat masyarakat menjadi terganggu diantaranya: pergaulan bebas, narkoba, minuman keras, pencurian, merokok, berjudi, dan hal-hal lainnya yang bersifat negatif. Tingkat kenakalan remaja seperti pergaulan bebas, minuman keras, narkoba memang sering terjadi, namun kenakalan seperti pencurian, merokok, berjudi jarang dilakukan remaja walaupun ada yang melakukannya. Diantara faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas remaja muslim dan non muslim di Kecamatan Suro Kabupaten Aceh Singkil adalah aqidah yang tipis dan dangkalnya pengetahuan tentang ajaran agama masing-masing, pergaulan, dan media masa. Salah satu Solusi untuk mengurangi pergaulan bebas remaja adalahbimbingan orang tua, dan pemerintah juga harus bisa bekerja sama dengan tokoh-tokoh agama yang ada di setiap desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Safrilsyah, S.Ag.,M.Si; NIP. 197004201997031001; 2. Maizuddin, M.Ag; NIP. 197205011999031003
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Pergaulan Remaja, Muslim, Non Muslim
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 07:46
Last Modified: 29 Aug 2017 07:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item
TOP