Penggaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MAN Darussalam Aceh Besar pada Materi

Elma Zurika, 251121361 (2018) Penggaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MAN Darussalam Aceh Besar pada Materi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Media Animasi]
Preview
Text (Membahas tentang Media Animasi)
Elma Zurika.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Media Animasi]
Preview
Text (Membahas tentang Media Animasi)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (330kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik masih rendah pada pelajaran fisika khususnya materi perpindahan kalor, hal ini sebabkan karena pendidik kurang menggunakan media pembelajaran pada waktu proses belajar mengajar berlangsung, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan Pretest-posttest Experimental Control Group Design, yang melibatkan kelas eksperimen X IPA1 yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas kontrol X IPA2 yang berjumlah 24 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabel yaitu 14,31 > 1,67 untuk taraf signifikan 95% atau ⍺ = 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas X MAN Darussalam Aceh Besar pada materi perpindahan kalor. Hal ini dapat dilihat dengan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 82,87 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Soewarno, M.Sc; 2. Fera Annisa, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Hasil Belajar dan Perpindahan Kalor
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Elma Zurika
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:36
Last Modified: 11 Oct 2018 04:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item
View Item