Facebook sebagai Media Dakwah (Studi Kasus terhadap Pendakwah di Kota Banda Aceh)

Septina Wulandari, 411206557 (2018) Facebook sebagai Media Dakwah (Studi Kasus terhadap Pendakwah di Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Facebook sebagai Media Dakwah)
Septina Wulandari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Facebook sebagai Media Dakwah)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (257kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Facebook sebagai Media Dakwah (studi kasus terhadap
pendakwah di Kota Banda Aceh)”. Penelitian ini mengkaji tentang strategi dakwah di
media facebook, karena seiring dengan perkembangan zaman maka para da’i
memanfaatkan media facebook sebagai media dalam menyampaikan syiar-syiar
islam, dengan adanya media tersebut maka pesan-pesan akan tersampaikan dengan
cepat kepada kalangan masyarakat umum. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam
penelitian ini adalah Bagaimana strategi Dakwah melalui Facebook yang dilakukan
oleh Pendakwah di Kota Banda Aceh? Apa saja konten yang disebarkan oleh
Pendakwah Kota Banda Aceh melalui Facebook; Hambatan apa saja yang terjadi
saat berdakwah melalui Facebook? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui
strategi Dakwah melalui Facebook yang dilakukan oleh Pendakwah di Kota Banda
Aceh; Untuk mengetahui konten yang disebarkan oleh Pendakwah dalam
mensyiarkan nilai-nilai Agama Islam melalui Facebook; Mengetahui hambatan apa
saja yang terjadi saat berdakwah melalui Facebook. Hal ini penulis menggunakan
penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dapat mengambil
data yang dikehendaki akan didapati secara langsung dilapangan. Penyelidikan ini
memperoleh data secara langsung dari responden melalui observasi, dokumentasi dan
wawancara yang disusun sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan
(penelitian analisis deskriptif), yaitu penelitian yang mendeskriptifkan dan
menginterpretasi apa yang ada. Adapun yang menjadi objek penelitian ini yaitu akun
facebook para da’i yang ada di Kota Banda Aceh. Mengenai hasil penelitian yang
penulis dapatkan di lapangan mengenai strategi menyampaikan pesan-pesan dakwah
melalui media facebook, yaitu: Mengumpulkan group facebook; Memilih topik;
menggunakan kata-kata yang santun; Menggunakan bahasa yang sederhana; Materi
tidak terlalu panjang; Menanggapi pertanyaan audien. Adapun konten dakwah yang
dibahas oleh para da’i di facebook tidak terlepas dari kerangka dasar yaitu aqidah,
syariah dan akhlak. Selanjutnya hambatan-hambatan yang sering dialami oleh para
ustad pada saat menyampaikan dakwah di facebook yaitu sebagai berikut: a) Para
mad’u tidak langsung percaya apa yang disampaikan oleh para da’i; b) Sering terjadi
gangguan jaringan wifi atau LAN internet, gangguan dari pihak PLN sehingga
matinya internet, sekali-sekali habis kuota internet juga; c) Seringnya para pengikut
facebook akan membalas jawaban da’i dengan berita hoax; d) Seringnya terjadi
perbedaan antar mazhab, karena ada kalangan tertentu yang tidak menerima pendapat
mazhab lain, e) Kendala ketika menyusun konsep.
Keyword : facebook - media - dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jasafat, M.A 2. Syahril Furqany, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Facebook, Media, Dakwah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Septina Wulandari
Date Deposited: 18 Oct 2018 01:46
Last Modified: 18 Oct 2018 01:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item View Item
TOP