Pengaruh Pendekatan Improving Learning dengan Metode Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Kamal

Nawal Azka Handinur, 261324635 (2018) Pengaruh Pendekatan Improving Learning dengan Metode Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Kamal. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Nawal Azka Handinur.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Hal ini berdasarkan hasil rata-rata nilai ulangan harian siswa yang masih di bawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 73 menurut wawancara dengan salah satu guru matematika di SMPN 1 Darul Kamal. Oleh karena itu, perlu diupayakan pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar mereka. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah pendekatan Improving Learning dengan metode Inquiry. Adapun karakteristik pendekatan Improving Learning yaitu: menanya, mengalami, menemukan. Dan komponen-komponen metode Inquiry yaitu: Question, Student Engangement, Cooperative Interaction, performance Evalution, dan Variety of Resources. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan pendekatan Improving Learning dengan metode Inquiry dan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar, yang menjadi sampel kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tulis. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel 1,68, hasil perhitungan diperoleh 3,31 maka thitung ≥ ttabel atau 3,31>1,68. Berdasarkan hasil nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Improving Learning dengan metode Inquiry lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional kelas VIII SMPN 1 Darul Kamal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Erni Maidiyah, M.Pd; 2. Herawati, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Improving Learning, Metode Inquiry, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nawal Azka Handinur
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:52
Last Modified: 15 Oct 2018 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5481

Actions (login required)

View Item
View Item