Kinerja Guru BK dalam Mengatasi Kedisiplinan Peserta Didik di SMPN 10 Banda Aceh

Sri Wahyuni, 140213057 (2018) Kinerja Guru BK dalam Mengatasi Kedisiplinan Peserta Didik di SMPN 10 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kinerja Guru BK dalam Mengatasi Kedisiplinan]
Preview
Text (Membahas tentang Kinerja Guru BK dalam Mengatasi Kedisiplinan)
Sri Wahyuni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Kinerja Guru BK dalam Mengatasi Kedisiplinan]
Preview
Text (Membahas tentang Kinerja Guru BK dalam Mengatasi Kedisiplinan)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (783kB) | Preview

Abstract

Kinerja merupakan prestasi yang nampak sebagai bentuk keberhasilan kerja pada diri seseorang. Keberhasilan kinerja juga ditentukan dengan usaha, kemampuan serta dukungan/kerjasama dari pihak sekolah. Fenomena yang terjadi pada SMP Negeri 10 Banda Aceh masih ada peserta didik yang sering terlambat, melanggar atribut sekolah (baik berupa simbol, model celana dan lain sebagainya), siswa yang merekayasa surat izin/sakit untuk tidak masuk sekolah, tidak masuk waktu jam pelajaran, suka buang sampah sembarangan, berbicara saat guru sedang mengajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana kinerja guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kedisiplinan peserta didik di SMPN 10 Banda Aceh (2) untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi kinerja guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kedisiplinan peserta didik di SMPN 10 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode yang bersifat deskriptif analisis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian Teknik analisis data dilakukan dengan cara tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, analisis kasus negatif, dan membercheck. Usaha-usaha yang guru bk lakukan diantaranya: usaha preventif (pencegahan), rehabilitasi (perbaikan) dan proaktif (aktif dalam membagun kerjasama dengan pihak-pihak lain), bekerjasama dengan kepala sekolah dan perangkat guru, memberikan sosialisasi mengenai disiplin, dan menciptakan lingkungan sekolah yang indah dan bersih, membuat kegiatan ekstrakurikuler. Kendala-kendala yang ada yaitu guru bimbingan konseling hanya satu orang/masa kerjanya sebentar lagi (pensiun), tidak memadainya ruang Bimbingan dan Konseling di sekolah, sikap orang tua yang kurang peduli terhadap perkembangan anaknya (dalam belajar maupun kedisiplinan), dan kurangnya kesadaran dari peserta didik untuk berperilaku disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru bimbingan konseling sudah baik, namun secara keseluruhannya kurang maksimal dikarenakan guru Bk hanya satu orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Munirwan Umar, M.Pd 2. Faisal Anwar, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3205 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Sri Sri Wahyuni Yuni
Date Deposited: 26 Oct 2018 02:08
Last Modified: 26 Oct 2018 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5514

Actions (login required)

View Item
View Item