Irawadi, 211222388 (2018) Strategi Bimbingan Konseling Qur’ani untuk Mengatasi Bullying di SMA Negeri 1 Simeulue Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Irawadi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (941kB) | Preview
Abstract
Dewasa ini salah satu wilayah yang menjadi sorotan perlindungan anak adalah lingkungan sekolah. Memang belum banyak kajian komprehensif tentang praktek tindak kekerasan di sekolah. Tetapi kenyataan yang muncul terutama di media massa banyak kasus kekerasan terjadi terhadap anak di sekolah. Kekerasan terhadap anak adalah semua bentuk perlakuan salah secara fisik dan atau emosional, penganiayaan seksual, penelantaran, atau eksploitasi secara komersial atau lainnya yang mengakibatkan gangguan nyata ataupun potensial terhadap perkembangan, kesehatan, dan kelangsungan hidup anak ataupun terhadap martabatnya dalam konteks hubungan yang bertanggung jawab, kepercayaan, atau kekuasaan.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana bentuk bullying yang dilakukan oleh siswa di SMA Negeri 1 Simeulue Tengah. Kedua, Strategi apakah yang di gunakan oleh guru bimbingan konseling qur’ani untuk mengatasi perilaku bullying di SMA Negeri 1 Simeulue Tengah. Dan Ketiga, Apa yang menjadi hambatan pada bimbingan konseling qur’ani dalam mengatasi perilaku bullying di SMA Negeri 1 Simeulue Tengah.
Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian (1) Bentuk bullying yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 1 Simeulue Tengah yaitu berupa non fisik, yaitu bullying dengan cara mengejek, mengucilkan, mempermalukan dan sejenisnya. Hal ini berdasarkan hasil observasi siswa kelas X IPA 1 SMAN 1 Simeulue Tengah yang didukung oleh tabel 4.3. (2) Strategi bimbingan konseling qur’ani untuk mengatasi bullying di SMA Negeri 1 Simeulue Tengah yang digunakan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu akar permasalahan, dengan memberlakukan pemberian hukuman (punishment) kepada setiap pelaku bullying, memberikan peringatan lisan, dan meningkatkan mutu pendidikannya baik dibidang agama maupun di segi lainnya. Hal ini berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah, guru BK, dan guru PAI. (3) Hambatan dalam mengatasi perilaku bullying yaitu kesulitan dalam mengontrol perilaku siswa pada saat berada di luar sekolah dan tidak terbukanya siswa korban bullying untuk melapor ke guru. Hal ini berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah, guru BK, dan guru PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Hj. Nurjannah Ismail, M.Ag 2. Dr. Heliati Fajriah, S.Ag, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru BK, perilaku bullying |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Irawadi - |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 05:54 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 05:54 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5536 |