Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Darussalam Aceh Besar

Lisa Ayu Nanda, 261324605 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Lisa Ayu Nanda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (712kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa yang dilaksanakan di sekolah masih belum optimal, disebabkan karena pembelajaran matematika siswa masih bersifat konvensional, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengar, mencatat dan mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Salah satu pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran koopertif yaitu tipe Numbered Heads Together (NHT). Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered heads together (NHT) adalah salah satu model pembelajaran yang dapat memberi siswa lebih banyak waktu untuk berpikir, merespon dan saling membantu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan (2) perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Sedangkan populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Darussalam Aceh Besar, sedangkan sampel diambil secara acak dan hasilnya dipilih kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian hipotesis satu menunjukkan bahwa pembelajaran model NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis kedua disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd. 2. Khairatul Ulya, S.Pd.I., M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Numbered Heads Together (NHT).
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Lisa Ayu Nanda
Date Deposited: 07 Jan 2019 10:15
Last Modified: 07 Jan 2019 10:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5561

Actions (login required)

View Item
View Item