Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meminimalisir Kesalahan Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika

Rachmatika Al-Qadar, 261324581 (2018) Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meminimalisir Kesalahan Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Rachmatika Al-Qadar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (481kB) | Preview

Abstract

Kesalahan menyelesaikan soal adalah penyimpangan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal dari hal yang dianggap benar atau penyimpangan dari prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya. Siswa kelas VII MTs Negeri 8 Aceh Besar melakukan kesalahan berdasarkan Analisis Newman dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah materi aritmetika sosial. Kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan memahami masalah, transformasi, kemampuan memproses dan penulisan jawaban. Salah satu alternatif yang dapat mengurangi kesalahan siswa dalam teori Newman terhadap pembelajaran matematika adalah dengan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan analisis Newman; (2) mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran Creative Problem Solving untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Metode penelitian menggunakan Mixed Methods, yakni metode campuran antara pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTsN 8 Aceh Besar yang terdiri dari 31 orang. Pemilihan sampel penelitian dilakukan menggunakan teknik simple random sampling sedangkan pemilihan subjek penelitian diambil tiga siswa yang terbanyak membuat kesalahan. Pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data persentase kesalahan siswa sebelum menggunakan model CPS adalah 93,55% dan masuk dalam katagori tingkat kesalahan sangat tinggi. Sedangkan persentase kesalahan siswa setelah menggunakan model CPS adalah 12,90% dan masuk dalam katagori tingkat kesalahan sangat rendah. Dari hasil penelitian digunakanlah statistik uji-t sampel berpasangan pihak kiri dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil pengolahan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS dapat meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. CPS sangat efektif dalam mengurangi kesalahan siswa. Hal ini dapat dilihat dari size effect sampel dan ketiga subjek, adapun nilai yang diperoleh berada pada kriteria large effect.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Lukman Ibrahim, M. Pd 2. Khairatul Ulya, S.Pd.I, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Kesalahan Siswa, Soal Pemecahan Masalah, Analisis Kesalahan Newman
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rachmatika Al-Qadar
Date Deposited: 23 Oct 2018 15:06
Last Modified: 23 Oct 2018 15:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item
View Item