Pengaruh Pesan Neon Box tentang Berbusana Muslimah terhadap Pengunjung Masjid Raya Baiturrahman

Ermit Salisda, 140401015 (2018) Pengaruh Pesan Neon Box tentang Berbusana Muslimah terhadap Pengunjung Masjid Raya Baiturrahman. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Busana Muslimah)
Ermit Salisda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Busana Muslimah)
FORM B & D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pesan Neon Box Tentang Berbusana Muslimah terhadap Pengunjung Masjid Raya Baiturrahman”. Neon box adalah media informasi yang berbentuk kontak segi empat yang didalamnya berisi lampu neon yang dinyalakan agar informasi yang disampaikan pada benda ini lebih jelas dan nampak, khususnya pada malam. Pesan neon box disini adalah Anda memasuki wajib berbusana muslim dan muslimah yang terdapat dipintu masuk Masjid Raya Baiturrahman. Dalam hal peneliti berfokus kepada pengunjung perempuan dalam memakai pakaian syar’i saat memasuki masjid. Dengan alas an bahwa yang paling banyak tidak menggunakan pakaian syar’i adalah pengunjung perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pesan neon box tentang berbusana muslimah tehadap pengunjung Masjid Raya Baiturrahman dan untuk mengetahui bagaimana tanggapan pengunjung Masjid Raya Baiturrahman terhadap pesan neon box tentang berbusana muslimah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan sehingga tidak terlalu mementingkan kedalam data atau analisis. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua variabel, variable indenpenden (X) sebagai pesan neon box tentang berbusana muslimah dan variable dependen sebagai pengunjung Masjid Raya Baiturrahman. Jumlah populasi dalam penelitian berjumlah 3.670 orang dengan jumlah sampel 97 orang dengan taraf kesalahan 10%. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode pembagian angket dengan skala likert dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas dan ujiregresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pesan neon box tentang berbusana muslimah tentang berbusana muslimah terhadap pengunjung Masjid Raya Baiturrahman dibuktikan dengan uji validitas dengan ketetapan rhitung>rtabel, di mana nilai rtabel sebesar 0.1680. Terdapat nilai konsistensi dalam pengukuran, hal tersebut dapat dilihat dari nilai alpha (α) lebih besar dari 0,6. Pada saat uji hipotesis koefesien regresi sederhana (Uji t) H0 ditolak dan H1 diterima, terbukti dari ketetapan Nilai thitung>ttabel = 4,574 > 1,6611. Terdapat pengaruh pesan neon box tentang berbusana muslimah terhadap pengunjung Masjid Raya Baiturrahman terbukti dari nilai R Square pada tabel Model Summary adalah 180 yang menunjukkan bahwa variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 1,8% dan sisanya sebesar 8,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Fajri Chairawati, S.Pd.I.,MA; 2. Taufik, SE. Ak., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Pesan, Neon Box, Berbusana Muslimah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya > 2X4.95 Pakaian dan Perhiasan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ermit M. Sarong
Date Deposited: 04 Dec 2018 08:17
Last Modified: 04 Dec 2018 08:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5613

Actions (login required)

View Item View Item
TOP