Kompetensi Ustadzah dalam Memotivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh Besar

Khalilah, 211323757 (2018) Kompetensi Ustadzah dalam Memotivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kompetensi ustadzah]
Preview
Text (Membahas tentang Kompetensi ustadzah)
Khalilah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Kompetensi ustadzah]
Preview
Text (Membahas tentang Kompetensi ustadzah)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (707kB) | Preview

Abstract

Menghafal Al-Qur’an memang bukanlah perkara yang mudah, banyak sekali godaan-godaan yang datang saat kita hendak menghafal Al-Qur’an seperti malas, sibuk dengan pekerjaan yang lain, tidak bisa mengatur waktu dan juga seringkali kita lupa pada hafalan yang telah dihafal. Oleh karena itu dibutuhkan motivasi dari luar maupun dari dalam diri kita sendiri agar menghafal Al-Qur’an tidaklah menjadi beban yang berat dan aktifitas yang membosankan serta tidak hanya hafalan semata yang bisa hilang kapan saja. Akan tetapi ada beberapa santri di MUQ Pagar Air yang tidak mampu menghafal Al-Qur’an disebabkan karena mereka lalai. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi ustadzah dalam memotivasi menghafal Al-Qur’an siswa di MUQ Pagar Air? Apa faktor yang menghambat ustadzah dalam memotivasi menghafal Al-Qur’an siswa di MUQ Pagar Air? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) kemampuan masing-masing santri berbeda, jika santri yang belum benar bacaannya maka akan dibimbing pada tahapan program tahsin (pembagusan bacaan Al-Qur’an) terlebih dahulu. 2) bagi santri yang sudah bagus bacaan Al-Qur’annya maka langsung dibimbing ke tahap tahfidh (menghafal Al-Qur’an). 3) Santri yang sudah mempunyai modal hafalan maka diutamakan takrir atau murajaah, kemudian santri dibimbing untuk menyetorkan hafalannya minimal sehari satu lembar. Faktor yang menghambat ustadzah dalam memotivasi menghafal siswa diantaranya: kemampuan santri dalam menghafal Al-Qur’an berbeda-beda, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, ada santri yang bagus secara tajwid tetapi kurang bagus daya ingatnya, ada pula yang bagus daya ingatnya tetapi kurang bagus tajwidnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Raihan Putry, M.Pd. 2. Huwaida, S.Ag., M.Ag., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kompetensi ustadzah, motivasi, menghafal Al-Qur’an.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khalilah -
Date Deposited: 30 Oct 2018 16:40
Last Modified: 30 Oct 2018 16:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5630

Actions (login required)

View Item
View Item